Mengenal Maskapai Lebih Dekat

Angkutan udara menjadi lebih memudahkan orang untuk menuju ke tempat tujuan dalam waktu yang tidak lama dan dengan adanya maskapai yang menyediakan penerbangan terjadwal, lebih memudahkan orang untuk mengatur jadwal mobilitas mereka.


Maskapai adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa angkutan udara untuk orang melalui penerbangan komersial dan untuk barang melalui penerbangan kargo, baik itu yang terjadwal maupun yang berdasarkan permintaan atau charter.

Beberapa maskapai didunia yang sejak berkembangnya maskapai seperti Qantas, KLM, Czech Airlines dan Avianca masih beroperasi hingga kini melayani penerbangan ke banyak destinasi di seluruh dunia.

Perkembangan teknologi dalam industri penerbangan membawa dampak yang luar biasa kepada maskpai dalam menambah jumlah kapasitas penumpang yang dapat dilayani dalam satu penerbangan.

Pabrikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran dari pabrikan pesawat dalam mengembangkan industri penerbangan sungguh luar biasa dengan banyaknya jenis pesawat terbang dalam berbagai kecepatan, ukuran dan jarak tempuhnya, membuka kesempatan lebar kepada maskapai untuk membuka jalur-jalur penerbangan langsung yang dulunya harus transit di tengah penerbangan.

Sejak tahun 1950 an dimana era jet memasuki industri pesawat terbang, banyak maskapai yang tidak menyia-nyiakan perkembangan ini, sebut saja jenis pesawat Boeing-707, Sud Aviation SE 210 Caravelle dan Douglas DC-8 adalah contoh dimana era jet dimulai khususnya untuk penerbangan komersial.

Pesawat Concorde yang mulai terbang melayani penerbangan komersial pada tahun 1976, memungkinkan traveler terbang melintasi samudera Atlantik dari Paris ke New York dibawah 4 jam dimana bila dengan pesawat jet membutuhkan sekitar 8 jam. Maskapai Air France dan British Airways adalah 2 maskapai yang melayani rute ini

Munculnya pesawat berbadan lebar atau wide body seperti Boeing 747, Lockheed L-1011 TriStar, dan McDonell Douglas DC-10 pada era 1970 an membuat maskapai mengangkut lebih banyak penumpang dalam sekali penerbangan dan mampu terbang non stop tanpa berhenti seperti pada pesawat terdahulu untuk penerbangan jarak jauh.

Perkembangan industri pesawat membuat maskapai terbang lebih jauh, lebih banyak penumpang dan lebih menyingkat waktu .

Maskapai Berbiaya Rendah

Munculnya maskapai berbiaya rendah yang mneawarkan harga tiket lebih rendah/terjangkau membuka peluang kepada lebih banyak orang untuk melakukan perjalanan dengan angkutan udara dan merubah pilihan orang akan moda transportasi dari darat/laut ke transportasi udara untuk alasan efisien waktu.

Pasific Southwest Airlines adalah maskapai berbiaya rendah pertama didunia yang pada tahun 1949 mulai beroperasi melayani penerbangan antara California Utara dan California Selatan, dan kemudian konsep ini diterapkan dan dikembangkan oleh Southwest Airlines yang mulai beroperasi sejak 1971 dan berbasis di Texas.

Aerotropolis akan mengubah bandara kota menjadi kota bandara, sebuah metropolitan dimana semua aktivitas ekonomi akan terintegrasi dan memaksimalkan angkutan darat antara pusat industri, komersial dan logistik dengan bandara sebagai pusat aktivitas ekonomi sehingga tidak saja kecepatan waktu yang dicapai tapi juga biaya yang rendah.

Walau tidak menyediakan makanan dan minuman seperti pada maskapai full fare maskapai berbiaya rendah akan tetap membuat para pelanggannya puas terbang dengan mereka dengan mengutamakan pelayanan pelanggannya (customer service) selain dengan harga tiket yang rendah.

Strategi maskapai berbiaya rendah dengan terbang ke bandara-bandara yang tidak besar untuk menekan biaya pendaratan (landing fee), menggunakan satu jenis pesawat untuk seluruh armadanya untuk menekan biaya pelatihan dan perawatan, dan terbang satu rute saja adalah beberapa straegi jitu yang diterapkan oleh Soutwest Airlines dan terbukti menambah jumlah penumpangnya (load factor).

Maskapai Kargo

Perkembangan maskapai kargo pada mulanya memang tidak telalu pesat dibandingkan penerbangan penumpang, terlebih hampir semua penerbangan penumpang juga menyediakan tempat pada kargo mereka untuk melayani pengiriman barang lewat penerbangan komersilnya.

Hingga pada era tahun 1990 an dimana era komputer terjadi di semua sektor industri, bermunculanlah beberapa maskapai kargo seperti FedEx, DHL, UPS dan TNT dimana mereka dapat membuat para pelanggannya tracking paket mereka melalui komputer dan perkembangan internet yang pesat mula yang memudahkan para pelanggannya untuk secara real time melihat proses pengirimannya mulai dari pengiriman hingga tibanya paket tersebut di tujuan atau penerima.

Maskapai Charter

Sesuai dengan namanya, maskapai ini menyediakan pesawat untuk di charter/sewa kepada perusahaan/perorangan yang ingin melakukan penerbangan yang bisa jadi diluar dari jadwal penerbangan komersial atau ingin memiliki keleluasaan dalam jadwal mereka dan tidak terikat oleh skedul penerbangan komersial yang terjadwal.

Pelayanan mereka biasa ditawarkan langsung oleh maskapai itu sendiri baik melalui platform mereka sendiri maupun lewat platform milik pihak lain seperti online marketplace dimana para klien dapat memesan langsung atau lewat perantara atau broker atas nama klien maskapai itu sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute Penerbangan Baru Lion Air Group 21 Juni 2017

Garuda Indonesia – BNI Luncurkan Program #AyoLiburan

Desain Kursi Penumpang Pesawat Cegah Penularan Virus Corona